Siapa yang tak kenal dengan Lombok? Lombok merupakan destinasi wisata yang sudah tidak asing lagi bagi para wisatawan. Keindahan pulau Lombok tidak hanya terkenal dengan alamnya saja, Lombok juga punya banyak kuliner lezat dan nikmat yang harus anda coba selama menikmati liburan di pulau cantik ini. Kuliner khas Lombok ini lebih menonjolkan rasa pedas dan gurih ini yang akan menggugah selera siapa saja.

Sate Tanjung adalah kuliner khas Lombok yang unik. Jika biasanya kita makan sate dari daging sapi, ayam atau kambing tetapi sate khas Desa Tanjung, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat ini menggunakan ikan.

Rasanya? Jangan ditanya, gurih dan pedas. Awalnya, sate ini merupakan makanan yang disajikan pada acara keagamaan maupun hajatan perkawinan. Namun seiring dengan populernya kelezatan Sate Tanjung, makanan ini menjadi sajian kuliner yang bisa kita nikmati sehari-hari. Tidak itu saja, pemerintah setempat bahkan sudah menetapkan Sate Tanjung sebagai makanan khas Lombok Utara dan menjadi bagian dari kekayaan wisata.

Sate Tanjung ini biasanya mudah kita jumpai di sepanjang jalan di Kota Tanjung yang merupakan ibukota Kabupaten Lombok Utara. Terutama pada siang sampai sore, kita banyak menjumpai pedagang Sate Tanjung ini. Bahan utama untuk membuat sate ini adalah ikan, rempah-rempah dan bahan lainnya. Setelah diolah, maka akan dililitkan di kayu / stik sate, dan kemudian dibakar hingga matang. Untuk mengkonsumsi sate ini, sebaiknya pada saat panas atau hangat. Tentunya citarasa manis & pedas akan membuat lidah traveller akan tergoda untuk mencicipi kelezatan dari sate khas Lombok ini.

Kalau diantara para wisatawan yang penasaran ingin tahu resep dan bumbunya, bisa langsung bertanya ke para pedagang tersebut, dan umumnya mereka tidak pelit berbagi ilmu tentang resep masakan mereka, berikut bocoran resep Sate Ikan Tanjung :

Untuk Bahan – bahannya :

– 10 butir Cabe Merah ( Bisa kurang atau lebih tergantung selera )

– 7 butir Cabe merah kering

– 5 siung Bawang Putih

– 1 ruas jari Lengkuas

–  Jahe, sekitar 1/2 dari Lengkuas

– 6 butir Kemiri

– 5 sdm Kecap manis

– Irisan Kulit Jeruk Purut/ Limau (secukupnya)

– 1 Sdm Kecap manis

– 1 sdt Garam

–  75 ml Santan kental

– ½ Kg Ikan Laut  (ikan cakalang/ ikan langoan/ ikan marlin)

– Tusuk sate ( secukupnya )

– 4 lembar Daun Jeruk Limau

 

Cara Membuatnya :

–  Ikan laut dibersihkan, kemudian potong menjadi beberapa bagian dengan bentuk persegi panjang

–  Cabe rawit, cabe merah, garam, bawang putih, lengkuas, jahe, dan kemiri dihaluskan

– Setelah semua bumbu dihaluskan, masukkan ikan, santan kental kedalam bumbu yang sudah dihaluskan, sampai semua bumbu merata, dan tambahkan dengan irisan kulit jeruk purut. Diamkan beberapa saat hingga bumbu benar-benar meresap (sekitar 3 – 4 jam)

– Setelah semuanya siap dan meresap,  ikan laut ditusuk dengan menggunakan tusuk sate kemudian panggang diatas bara api sampai matang

– Sate Ikan Tanjung siap untuk disajikan.

Jadi apabila ke Lombok, jangan lupa untuk mencoba yang namanya Sate Tanjung ini.