Lombok merupakan destinasi wisata yang sudah tidak asing lagi bagi para wisatawan. Saat ini keindahan pulau yang satu ini sudah tak terbantahkan lagi, tidak hanya terkenal dengan keindahan alamnya saja, di tanah Lombok juga terdapak banyak kuliner lezat dan nikmat yang harus anda coba selama menikmati liburan di pulau cantik ini. Kuliner khas Lombok yang lebih menonjolkan rasa pedas dengan kangkung yang fresh akan menggugah selera siapa saja. Salah satu kuliner yang terkenal dengan sensasi pedasnya adalah pelecing kangkung.

 

Plecing kangkung adalah masakan khas Indonesia yang berasal dari Lombok. Plecing kangkung terdiri dari kangkung yang direbus dan disajikan dalam keadaan dingin dan segar dengan sambal tomat, yang dibuat dari Cabai rawit, garam, terasi dan tomat, dan kadangkala diberi tetesan jeruk limau. sebagai pendamping Ayam taliwang, plecing kangkung biasanya disajikan dengan tambahan sayuran seperti taoge, kacang panjang, kacang tanah goreng, ataupun urap.

Kangkung yang digunakan untuk masakan ini juga sangat khas, tidak seperti tanaman kangkung sayur yang misalnya lazim di Pulau Jawa, tetapi berupa kangkung air yang biasanya ditanam di sungai yang mengalir dengan metode tertentu, yang menghasilkan kangkung dengan batangan besar yang renyah.

 

Yang istimewa dari plecing kangkung ini adalah sambalnya. Sambal plecing adalah salah satu dari jenis sambal istimewa dan khas dari Lombok, Nusa Tenggara Barat. Sambal ini memiliki kekhasan dengan cita rasa terasinya unik. Tambahan tomat di dalamnya membuat sambal ini jadi sedikit berair sehingga lezat saat disajikan bersama sayuran rebus.

Bahan-bahan

1 ikat kangkung

tauge

sambal :

5 buah cabai rawit

1 buah tomat

1/2 sdt terasi

gula (sesuai selera)

garam

sejumput kacang tanah goreng

penyedap

sambal kelapa :

kelapa parut

1 buah cabai merah

1 siung bawang putih

secuil terasi

1 buah jeruk limo

gula

garam

Langkah

Rebus kangkung hingga matang, kemudian masukkan tauge, rendam sebentar, angkat. #untuk kangkung, jika sudah matang, langsung saya masukkan k dalam air dingin, agar warna ny tidak berubah menjadi kehitaman

Sambal : rebus cabai dan tomat sebentar, angkat. Kemudian haluskan semua bumbu, terakhir tambahkan kacang tanah *koreksi rasa

Sambal kelapa : bersihkan cabai merah (buang bijinya), lalu goreng cabai merah dan bawang putih, angkat. Kemudian haluskan semua bumbu *koreksirasa. Masukkan kelapa parut ke dalam bumbu yg sudah di haluskan beri sedikit parutan kulit jeruk, aduk hingga rata. (Jika ingin sambal kelapa lebih awet, bisa di kukus / di sangrai dulu)

Demikan ulasan tentang Plecing Kangkung Khas Lombok. Selamat datang di Pulau Lombok. Melalui kuliner kita belajar tentang rasa. Dengan rasa kita jalin persaudaraan sepanjang masa.