Mengejar Sunset di Bukit Malimbu

Siapa tak kenal Lombok? Pulau yang berada di Provinsi Nusa Tenggara Barat ini telah menjelma menjadi ikon pariwisata Indonesia. Keindahan Lombok mampu menyihir siapa saja yang datang berkunjung. Bahkan, tak sedikit pelancong yang menjadikan Lombok sebagai destinasi wisata favorit.

Anda tak akan bosan selama berlibur di Lombok. Pasalnya banyak sekali obyek wisata yang menawarkan keseruan, seperti mendaki Gunung Rinjani, menikmati kesegaran Air Terjun Benang Kelambu, bermain pasir di Pantai Pink, atau menyelam di Gili Trawangan. Selain aktivitas di atas, ada kegiatan lain yang tak kalah seru, yakni berburu sunset di Bukit Malimbu.

Pesona Bukit Malimbu yang Memikat

Keindahan Bukit Malimbu
Keindahan Bukit Malimbu

Berlibur ke Lombok tak lengkap rasanya sebelum Anda bertandang ke Bukit Malimbu. Bukit yang dikenal dengan sebutan Malimbu Hill ini berada di Kabupaten Lombok Barat. Lokasinya cukup dekat dari Pantai Senggigi. Anda hanya memerlukan waktu selama dua puluh menit saja untuk mencapai Bukit Malimbu.

Sementara dari kota Mataram, lokasi bukit ini lebih jauh, mencapai dua puluh lima kilometer dengan waktu perjalanan selama empat puluh menit. Namun, selama perjalanan Anda akan disuguhi pemandangan yang indah. Rasa lelah pun akan terbayar saat Anda sampai di Malimbu Hill.

Seperti bukit kebanyakan, Malimbu menyuguhkan suasana alam yang masih asri. Udaranya pun sejuk, terbebas dari polusi udara. Sangat menyegarkan tubuh dan pikiran. Dari atas bukit Anda dapat melihat laut biru yang membentang luas. Deretan perbukitan dan gunung menyempurnakan keindahan tersebut.

Anda pun dapat menyaksikan gulungan ombak dari jauh yang berubah menjadi buih ketika sampai di bibir pantai berpasir putih. Sembari menunggu datangnya senja, ada sejumlah kegiatan yang dapat Anda lakukan, seperti menikmati jagung bakar, secangkir kopi, atau sekadar swafoto.

Berburu Matahari Terbenam di Bukit Malimbu

Umumnya, wisatawan yang datang ke Bukit Malimbu bermaksud untuk menghabiskan waktu atau “lari” dari rutinitas harian. Namun, tak sedikit pula yang berkunjung untuk mengejar sunset. Maklum saja, sunset di Bukit Malimbu terkenal indah. Bahkan Bukit Malibu adalah tempat wajib para pencinta fotografi dan fotografer profesional.

Sebenarnya, ada dua tempat yang dapat Anda pilih untuk menyaksikan senja. Lokasi pertama berada di bagian barat jalan raya. Spot ini memang hanya berupa parkiran luas, tetapi mengarah langsung ke tebing bukit, sedangkan yang kedua berada di bagian timur jalan raya. Tempat ini berupa bukit yang dihiasi dengan sejumlah pohon kelapa.

Menanti pergantian dari sore menuju malam memang kegiatan yang mengasyikkan sekaligus mendebarkan. Maklum saja, momen ini sangat singkat. Hanya berlangsung beberapa menit saja. Agar tak ketinggalan, datanglah ke Bukit Malimbu sebelum waktu terbaik untuk mengejar matahari terbenam, yaitu antara pukul 15.30 WITA sampai 18.00 WITA.

Ketika langit mulai keemasan, itulah tanda senja mulai menyapa. Bagi Anda pemburu senja, jangan lewatkan kesempatan untuk merekam momen ini melalui bidikan kamera.

Bayangkan betapa indahnya langit kebiruan yang secara perlahan berubah oranye kemerahan. Meski kontras, tetapi perpaduan tersebut justru tampak menakjubkan. Air laut yang biru pun tampak berkilauan.

Pejamkan mata sejenak, cobalah untuk meresapi suara alam, kombinasi nan memikat antara debur ombak, embusan sang bayu, dan kepakan sayap burung yang hendak kembali ke sarangnya. Bukankah terasa sangat luar biasa?

Lihat bagaimana sang surya mulai tenggelam, menyelimuti dirinya dengan langit malam. Gunung yang menjulang tinggi dari kejauhan pun memudar perlahan, tertutup pekatnya kabut malam. Keindahan Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air tak lagi tampak. Udara semakin terasa dingin, hampir menusuk tulang.

Tanpa Anda sadari langit malam mulai gelap. Satu per satu bintang bermunculan seakan menyapa Anda. Di kala malam pun bukit Malimbu masih indah. Berhias kelip bintang yang bertaburan di atas langit.

Selain dijadikan obyek wisata, Bukit Malimbu pun dikenal sebagai tempat perkumpulan komunitas dan konvoi para bikers. Tak heran jika bukit ini selalu ramai dikunjungi bahkan meski hari sudah gelap.

Menikmati Keindahan Bukit Malimbu Senggigi Lombok
Menikmati Keindahan Bukit Malimbu Senggigi Lombok

Anda yang tak perlu khawatir jika ingin menghabiskan waktu lebih lama di Bukit Malimbu atau ingin menikmati sunrise. Ada sejumlah penginapan yang menawarkan fasilitas mumpuni dengan harga murah.

Itulah sedikit gambaran mengenai sunset di Bukit Malimbu yang sangat indah. Jika Anda ingin menikmati momen ini, datanglah ke Lombok. Rasakan sensasi mengejar sunset secara langsung. Dijamin Anda pasti akan terpesona oleh keindahan alam Lombok. Sudah siap liburan?

 

One thought on “Mengejar Sunset di Bukit Malimbu

  1. Pingback: 10 Alasan Kenapa Kamu Harus Pergi ke Lombok – Deltatrans Lombok

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *