Siapa yang belum pernah ke Desa Sade? Sade adalah salah satu dusun di desa Rembitan, Pujut, Lombok Tengah. Dusun ini dikenal sebagai dusun yang mempertahankan adat suku Sasak. Suku Sasak Sade sudah sangat terkenal di telinga wisatawan yang datang ke Lombok dan menjadi salah satu tempat favorite untuk lebih menganal suku sasak yang sebenarya. Dinas Pariwisata setempat memang menjadikan Sade sebagai desa wisata. Ini karena keunikan Desa Sade dan suku Sasak yang jadi penghuninya.

Sebagai desa wisata, Sade punya keunikan tersendiri. Meski terletak persis di samping jalan raya aspal nan mulus, penduduk Desa Sade di Rembitan, Lombok Tengah masih berpegang teguh menjaga keaslian desa.

Karena penduduknya masih menjaga keutuhan budaya dan pola hidup yang diwarisakan leleuhur mereka sejak 600 tahun yang lalu seperti bentuk bangunan,gaya berpakaian, penggunaan peralatan sehari hari masih di kategorikan tradisonal dan taat pada adat istiadat. Selain itu , tarian dan permainan music khas suku sasak masih terdengar merdu di segala penjuru desa Sade ini.

Apa yang dapat Anda nikmati ketika berwisata ke Desa Sade Lombok dan apa saja yang menarik bagi para traveler di desa yang dikenal masih primitive tersebut?

  1. PENDUDUK DENGAN KEARIFAN LOKAL

Demi menjaga tradisi dan lebih dekat dengan alam, bangunan tempat tinggal Desa Sade semuanya berbahan dasar alam. Dindingnya berupa anyaman bambu, lantainya beralaskan tanah liat, dan atapnya dibuat dari ilalang. Mereka menyebut rumah itu Bale Tani.

Dan salah satu yang unik di Desa Sade ini adalah perkawinan antar saudara dan bagi mereka pernikahan seperti ini mudah dan cukup murah, dibandingkan menikah dengan perempuan dari desa lain dan harus mengeluarkan beberapa ekor kerbau.

 

  1. BANGUNAN TRADISIONAL

Untuk setiap bangunan  seperti masjid, rumah, lumbung padi dan tempat pertemuan umum memiliki ciri khas arsitektur Suku Sasak dimana dindingnya menggunakan pagar atau anyaman dari bambu dan tiang terbuat dari kayu, dengan atap yang terbuat dari alang-alang kering.

Keistimewaan dari bangunan yang di desain seperti ini adalah akan menyejukkan di saat cuaca terik dan terasa hangat ketika malam hari. Salah satu keunikan dari rumah yang ada adalah cara perawatannya.

 

Lantainya terbuat dari tanah liat yang di campur dengan sedikit sekam padi dan setiap sekali seminggu lantai rumah digosok dengan kotoran kerbau dicampur sedikit air, kemudian setelah kering disapu dan digosok dengan batu. Penggunaan kotoran kerbau ini berfungsi untuk membersihkan lantai dari debu membuat lantai terasa halus dan lebih kuat. Masyarakat setempat percaya bahwa kotoran kerbau tersebut dapat mengusir serangga sekaligus menangkal serangan magis yang ditujukan pada penghuni rumah.

  1. ATRAKSI DAN PERTUNJUKAN RAKYAT

Salah satu pertunjukan yang bisa anda nikmati saat berkunjung ke Desa Sade adalah pertunjukan Presean. Presean adalah pertarungan antara dua lelaki yang bersenjatakan tongkat rotan dan berperisai kulit kerbau yang tebal dan keras. Tradisi ini dilakukan oleh masyarakat suku Sasak, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Peresean termasuk dalam seni tari daerah Lombok.

  1. BELAJAR MENENUN KAIN KHAS SASAK

Jika anda berkunjung ke desa Sade, pemandangan yang tak luput dari pengelihatan anda adalah, kaum wanita yang sibuk menenun di depan rumah mereka. Kaum wanita di desa ini melakukan pekerjaan menenun kain, ketrampilan menenun merupakan bagian dari tradisi yang terus diwariskan dan menurut aturan adat bahwa seorang anak gadis yang cukup umur tidak boleh menikah jika belum bisa menenun kain. Salah satu produk kain tenun yang menjadi ciri khas Lombok adalah kain songket.

Jika anda ingin berkunjung ke Lombok dan ingin mengunjungi Desa Sade Lombok dengan mendapatkan fasilitas lainnya, Anda bisa mempercayakan  liburan Anda ke Delta Trans Lombok, karena kami adalah sahabat perjalanan anda.

Selain bisa menikmati berwisata budaya, Anda juga bisa sekaligus mengunjungi tempat-tempat menarik lainnya di Lombok. Segera hubungi customer service kami untuk informasi lebih lanjut.